5 Tunggal Putra Bulu Tangkis Indonesia Peraih Emas Asian Video Games

Medali ini didapat atlet peringkat lima dunia setelah bertanding selama 38 menit dengan dua gim langsung 21-11, 21-13. “Sebelum main, saya yakin pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan menang telak. Saya tidak merasa deg-degan ketika pasangan ini turun ke lapangan,” kata Amiruddin Pora ketika dihubungi dari Kendari, Senin. “Sekali lagi saya tidak merasa deg-degan atau khawatir ketika mereka turun di lapangan karena sudah terbiasa. Jadi tidak ada pengaruhnya tampil di Olimpiade maupun kejuaraan-kejuaraan yang lain.” Dengan prestasi gemilangnya ini, tidak heran bila atlet Rudy Hartono dinobatkan di Badminton Hall of Fame pada tahun 1997. Indonesia berpeluang mendapatkan medali jika lolos dari Inggris di babak sixteen besar.

Saat berusia 14 tahun, Susi sukses menggondol juara World Championship Junior lima kali berturut-turut kategori tunggal putri, ganda putri dan campuran. Di awal karier di tahun 1989, ia berhasil menjadi Juara Indonesia Open ketika berusia 18 tahun. Susi tercatat telah menjuarai gelaran kompetisi tersebut sebanyak tujuh kali. Berhasil meraih empat kali juara All England tahun 1990, 1991, 1993 dan 1994. Puncaknya, meraih medali emas di ajang Olimpiade Barcelona tahun 1992 bersama Alan Budikusuma yang kini menjadi suaminya.

Indonesia memenangkan medali emas dalam cabang olahraga bulu tangkis

Atlet Indonesia akan tampil melawan Belanda di babak selanjutnya dan partai last akan digelar sore ini di Olimpiade Tokyo 2020. Selain itu, cabang Panahan Beregu Putra yang diwakili Beli Free Spin oleh Riau Ega Agatha, Arief Dwi Pangestu, dan Alviyanto Prastiadi. Atlet Indonesia akan berjumpa dengan Atlet panahan Britania Raya yakni Tom Hall, James Woodgate, dan Patrick Huston.

Misalnya saja tarik tambak, yang dari tahun 1900 sampaii 1920 sempat dipertandingkan dalam Olimpiade. Rendahnya perhatian kepada atlet akan membuat generasi muda dan para orang tua berpikir dua kali untuk membolehkan menjadi atlet karena tidak ada jaminan di masa depan. Menjadi atlet itu harus siap kehilangan masa remaja termasuk sekolah, pertaruhan dan pengorbanan besar. Jangan sampai hanya dihargai saat menjadi juara tapi tidak dianggap jika masanya sudah selesai. Masyarakat menjadi ragu untuk mempercayakan anaknya menjadi atlet karena tidak ada jaminan masa depan.

Sebelum berhasil ikut serta di Olimpiade, Taufik sempat menemui jalan terjal. Namun, atlet asal Bandung ini sama sekali tak patah arang dan bertekad ingin terus melangkah ke Olimpiade. Anthony Sinisuka Ginting menuntaskan petualangan di Olimpiade Tokyo 2020 dengan raihan medali perunggu nomor tunggal putra. Dalam hukum budaya istiadat Indonesia, absen keterlibatan latihan fisik seperti olahraga trendy. Suku asli Indonesia umumnya menghubungkan aktivitas fisik dengan praktik kesukuaan; umumnya ritual, seni, kebugaran fisik dan bela diri.

Gamil