Afrika Selatan Pecahkan Rekor Dunia

Olimpiade Sydney tahun 2000,bulutangkis mempersembahkan tiga medali, yakni medali emas dari nomor ganda putra serta medali perak dari tunggal putra dan ganda campuran. Greysia / Apriyani merupakan ganda putri pertama Indonesia yang berhasil merebut medali emas olimpiade. Mereka menumbangkan andalan Cina, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan di babak last dengan skor 21-19, 21-15.

Sedangkan dua perunggu datang dari Antonius Ariantho/Denny Kantono di Olimpiade Atlanta 1996 serta Eng Hian/Flandy Limpele di Olimpiade Athena 2004. Merasa kehilangan Nitya yang memutuskan pensiun usai operasi, Greysia sempat berpikir untuk ikut pensiun. Namun, keinginannya itu sempat dilarang sang pelatih, Eng Hian yang meyakinkannya untuk tetap bermain sambil membantu para pemain muda.

Rekor medali emasi ganda putri

Dalam Olimpiade keempat dan mungkin terakhir, atlet berusia 30 tahun itu mencatatkan whole angkatan 224 kg, yang juga menjadi rekor Olimpiade. “Terima kasih telah membuat sejarah baru untuk dunia bulu tangkis Indonesia di ajang Olimpiade,” tutupnya. Namun, perjuangan Greysia/Apriyani untuk meraih emas di Olimpiade Tokyo 2020 akan dijalni dengan berat.

Beberapa rekor juga tercipta yang salah satunya melalui atlet lompat galah putra, Idan Fauzan Richsan. Atlet yang disiapkan ini bahkan mampu memecahkan dua rekor yaitu rekor ASG dari 5 meter menjadi 5,30 dan rekornas junior dan senior dari 5,20 meter menjadi 5,30 meter. TOKYO – Afrika Selatan, ROC Rusia, Tiongkok, dan Australia sama-sama memperoleh medali emas dari nomor ultimate Kakek Merah renang Olimpiade Tokyo yang diperlombakan di Tokyo Aquatics Centre, Tokyo, Jumat. Setelah menunggu delapan Olimpiade, ganda putri akhirnya menyumbangkan medali untuk Indonesia. Semoga penantian panjang ganda putri untuk menjaga tradisi emas Olimpiade bisa terpenuhi. Sebelum laga ini, duel sesama wakil Korea Selatan juga terjadi untuk perebutan medali perunggu ganda putri Olimpiade Tokyo 2020.

Indonesia sukses menjuarai ganda putri badminton untuk kali pertama di Olimpiade. Rekor pertama yang diciptakan Greysia/Apriyani menjadi ganda putri pertama Indonesia yang berhasil lolos ke babak ultimate Olimpiade. Lifter Rahmat Erwin Abdullah mempersembahkan medali perunggu dari cabang olahraga angkat besi kelas 73 kg.

Gamil