Begini Cara Memulai Usaha Kuliner Kekinian Bagi Pemula

Written by Watt on December 23, 2020 in Bisnis tanpa modal with no comments.

Tingkat ekonomi orang-orang Indonesia saat ini juga mulai lebih baik dan budaya serba instan yang kini menjalar di masyarakat, terutama pekerja kantor serta mahasiswa. Sehingga membuat usaha kuliner catering makin berkembang pesat. Usaha ini bisa dijalankan dengan modal kecil, sedangkan tempat untuk berjualan bisa di tepi jalan, kedai, taman, serta tempat keramaian lain. Jenis usaha roti bakar ini ada banyak sekali macamnya, dan Anda bisa menciptakan menu roti bakar sendiri yang beda dari lainnya. Usaha satu ini memanglah tak harus mempunyai keterampilan khusus.

Pasalnya, lokasi akan menentukan ramai atau tidaknya usaha kulineran kamu nantinya. Sebagai contoh jika kamu ingin membuka kuliner es krim, akan lebih laku jika berada di daerah perkampungan yang banyak anak-anak atau berdekatan dengan area sekolahan. Walaupun kamu lebih fokus dalam menjalankan usaha kuliner ini secara online, tapi tak ada salahnya untuk mengikuti acara bazar atau pop-up market. Karena dengan acara ini, kamu bisa lebih memperkenalkan jenis usaha kuliner yang biasanya hanya berkomunikasi melalui media sosial.

Tak sedikit yang mau mengeluarkan uang yang tak sedikit hanya untuk mencoba makanan ringan unik. Hal tersebut wajar, karena orang Indonesia memang dikenal dengan orang yang penasarannya tingkat tinggi sehingga jika ada makanan baru pasti ingin mencobanya. Membuka usaha makanan ringan tentunya akan menguntungkan besar.

Tips bisnis makanan

Pasalnya, bisnis kuliner di Indonesia sudah menjamur, mulai dari orang biasa, artis hingga pejabat telah memiliki jenis usaha makanan masing-masing. Oleh karena itu, kamu harus berani memulai langkah untuk membuat keputusan membuka usaha makanan atau kuliner. Dalam bisnis kuliner, kualitas rasa dan harga telah menjadi modal penentu keuntungan yang akan diperoleh kedepannya. Banyak di luar sana bisnis kuliner yang dibuat hanya dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan terjangkau di pasaran, tapi bisa dijual dengan harga yang terbilang mahal. Alasannya karena sebenarnya banyak orang akan tetap membeli makanan atau minuman meskipun harganya tidak murah. Biasanya faktor yang mempengaruhi adalah rasa yang enak, kemasan unik, hingga promosi yang menarik.

Tak lengkap rasanya jika berkumpul dengan rekan tidak ada sajian makanan ringan. Banyak orang cenderung ingin memesan makanan ringan ketimbang makanan berat. Pengusaha tidak perlu repot menyediakan ruko, atau menyewa tempat lainnya. Oleh karena jenis makanan hanya snack atau makanan ringan, mobil bisa dimanfaatkan untuk menjajakan produk. Itulah tadi sejumlah trik yang benar-benar harus dilakukan bila ingin bisnis kuliner maju dan sukses. Bila Moms berencana menjadi pengusaha, lebih baik bergabung dengan WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain itu, besar kecilnya modal yang kamu miliki ini tergantung dari bagaimana usaha yang akan kamu jalankan. Jika usaha yang kamu rintis telah berjalan, kamu bisa menyisihkan separuh keuntungan untuk menjadikannya modal tambahan. Kamu menutupi modal awal yang kurang dengan mengajak atau mencari rekan kerja untuk diajak kerja sama. Atau bisa melakukan peminjaman ke koperasi atau bank melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat atau KUR bagi pelaku UKM. KARIR keartisan tak selamanya cerah, bisa tiba-tiba meroket, bisa juga tiba-tiba meredup. Hal itulah yang menjadi alasan sejumlah artis untuk mengembangkan sebuah bisnis sampingan, diluar karir keartisannya.

Selama menu yang disajikan memiliki rasa dan kualitas baik, usaha kuliner Anda kemungkinan besar akan ramai pelanggan. Meski begitu, selain kualitas masakan, masih ada beberapa faktor lain yang berperan tak kalah penting dalam keberhasilan usaha kuliner Anda. Terlebih jika Anda baru saja terjun ke bidang bisnis satu ini, tentu diperlukan persiapan yang tidak sedikit.

Comments are closed.