Greysia

Asal mula permainan battledore dengan menggunakan shuttlecock sendiri juga misteri. Dua orang menepak ”burung” itu ke depan dan ke belakang selama mungkin. Badminton hanya menjadi nama karena dari situlah permainan ini mulai dikenal di kalangan atas dan kemudian menyebar. “Saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menjadi yang terbaik. Dan, kita mesti bersyukur dengan rezeki yang telah diberikan,” kata Eko Yuli Irawan saat ditemui Tim Media NOC Indonesia usai pertandingan.

Sebelum menjadi pemain ganda peringkat nomor 1 dunia versi WBF seperti sekarang, Kevin pernah bermain untuk sektor tunggal putra. Viktor Axelsen sukses menumbangkan Chen Long untuk meraih medali emas tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020. Selain Rudy, Indonesia juga memiliki tunggal putra yang sukses meraih gelar juara dunia. Mereka adalah Icuk Sugiarto , Joko Suprianto , Hariyanto Arbi , Hendrawan , dan terakhir Taufik Hidayat .

Sudah menjadi paham umum kalau kita belum memiliki lapangan sepakbola yang bagus. Kurangnya perhatian pemerintah untuk menyediakan fasilitas pendukung olahraga yang baik membuat bidang ini makin tidak atraktif. Mereka yang telah memutuskan untuk menjadi atlet pun akan sulit berkembang. Terbukti, peserta yang ikut seleksi tidak hanya berasal dari Kota Cirebon dan sekitarnya, tapi juga dari kota di provinsi lain, seperti Jakarta, Cilegon, Tegal, dan Pekalongan. Dan putih, menggambarkan satu niat tulus bahwa dari Kota Malang kami sumbangkan untuk Indonesia dan juga mendorong prestasi hingga stage dunia,” tambahnya.

Sementara sisanya, tunggal putra , tunggal putri , dan ganda campuran . Mantan atlet berusia 48 tahun ini tak lepas dari banyaknya prestasi yang dia raih selama berkarier di dunia bulu tangkis. Sebagai turnamen penutup musim, BWF World Tour Finals sendiri cukup bergengsi bagi para pebulu tangkis dunia. Selain tiket menuju ke sana harus diperebutkan dengan masuk Top 8 dan maksimal hanya dua wakil dari tiap negara, ajang yang musim lalu dihelat di Dubai ini dibalut dalam nuansa mewah dan meriah. Ketua Panitia Pelaksana YUZU Indonesia Masters 2019, Achmad Budiharto, mengatakan turnamen tersebut menjadi momen penting untuk memberikan motivasi para pebulu tangkis dalam meraih gelar juara. Jadikan para atlet bulu tangkis Indonesia sebagai panutanmu untuk meraih mimpi yang diinginkan.

Dua kebanggaan Pebulu Tangkis Indonesia

Sederet prestasi yang pernah ia raih semasa menjadi pemain bulutangkis telah mengantarkannya menerima penghargaan ”Hall Of Fame” dari Badminton World Federation. Pemain yang terkenal dengan sebutan “King Smash” ini merupakan juara 3 kali All England. Sederat prestasi lainnya juga dibukukan oleh pemain yang perjalanan kariernya sempat menjadi inspirasi dan diangkat menjadi film.

Dalam pertandingan Senin 2 Agustus 2021 malam ini yang disiarkan TVRI dan Indosiar tersebut, Ginting sempat tertinggal dari pemain lawan yang dikenal memiliki smash tajam tersebut. Namun Ginting mampu mengejar ketertinggalannya dan segera menyamakan skor. Pebulutangkis asal China ini disebut-sebut sebagai pebulutangkis terbaik dunia. Hingga saat ini Super-Dan –julukannya– masih aktif di dunia bulutangkis dan kerap ikut serta dalam kompetisi-kompetisi bulutangkis internasional.

Ini tentu membuat sebagian akhirnya memutuskan untuk tidak berkarir di dunia olahraga meski punya potensi besar. Bahkan dalam hal karir pascapensiun, bulutangkis dan sepakbola pun setali tiga uang dengan bidang lain. Banyak mantan atlet yang terlantar, hidup dengan beberapa permasalahan yang tak terselesaikan seperti gaji dan sebagainya. Keluarga di Padang Ririn sempat mengalami masalah keuangan ketika harus mengirimkan uang untuk biaya hidupnya sehari-hari di Jakarta. Ketika itu, Ririn mendengar dari temannya bahwa PB Djarum tengah kekurangan satu orang pemain dan di PB Djarum biaya hidup atlet ditanggung oleh klub, akhirnya ia mencoba untuk tes. Salah seorang anggota tim juri, Christian Hadinata, menyebutkan proses seleksi di Cirebon kali berlangsung cukup ketat.

Sehingga pada tahun 2010, ia harus menerima untuk dimainkan di sektor ganda putra. INDONESIA diketahui sebagai salah satu negara dengan tradisi bulu tangkis yang begitu kuat. Hingga saat ini, atlet-atlet tepok bulu asal Indonesia selalu bersaing di level tertinggi.

Tentu menjadi kebanggaan bagi para atlet tersebut untuk bisa mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Anthony Ginting dan Jonatan Christie merupakan dua atlet kebanggaan Indonesia. Bahkan persahabatan yang terjalin antara keduanya selalu bikin salut. Berlatih dan terjun bersama ke dunia bulu tangkis sejak usia belia, tak heran jika keduanya selalu kompak walaupun harus bertanding di final PRAGMATIC PLAY pertandingan sekalipun. Ling berhasil mengantongi dua medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu di Olimpiade 2000 dan 2004.

Gamil