Nasionalisme Dalam Bulu Tangkis

Emas pertama Indonesia dari cabang bulutangkis diraih dua sejoli, yakni Alan Budikusuma dan Susy Susanti di Olimpiade Barcelona 1992. Saat itu, Susy Susanti merebut medali emas nomor tunggal putri setelah mengalahkan tungal putri Korea Selatan, Bang Soo-hyun dengan skor 5-11, 11-5 dan 11-3. Pada tahun 1991, ia menjadi pemain Indonesia pertama yang memenangkan pertandingan tenis profesional internasional ketika ia merebut gelar tunggal di Pattaya. Namun, kemenangan terbesarnya adalah atas Iva Majoli, mantan juara France Open. Yayuk adalah pemain tenis dengan peringkat tertinggi dari Indonesia, setelah mencapai No. 19 di tunggal dalam peringkat WTA pada Oktober 1997. Sejak bulu tangkis dipertandingkan di Olimpiade Barcelona 1992, Indonesia whole Slot Online telah meraih eight medali emas dari cabang olahraga bulu tangkis.

Indonesia memenangkan medali emas dalam cabang olahraga bulu tangkis

Mau tahu siapa saja 8 srikandi bulu tangkis Indonesia yang punya prestasi baik di kancah nasional maupun internasional. Dua perunggu lainnya disumbangkan Rahmat Erwin Abdullah yang bertarung di kelas seventy three kg dan Windy Cantika Aisah di kelas 49 kg putri. Ya, Merah-Putih sudah mendapatkan emas dari semua sektor bulu tangkis. Di Busan tahun 2002, Kak Taufik menang atas atlet tuan rumah saat itu, Lee Hyun-Il. Ginting sendiri akan melawan wakil Guatemala, Kevin Cordon, yang tak kalah mencuri perhatian pecinta bulu tangkis karena sosok pelatihnya yang diduga berasal dari Indonesia. “Saya sangat senang dan bangga mendengar perwakilan UIN Jakarta bisa memenangkan juara satu pada ajang Pionir 2019,” ujarnya.

Tapi dari tiga wakil mereka yang tampil di ultimate, yaitu Datuk Lee Chong Wei , Goh V Shem/Tan Wee Kiong serta Chang Peng Soon/Goh Liu Ying. Semuanya tunduk dari lawan-lawannya dan harus puas meraih medali perak. Medali emas tunggal putri yang dicatat Carolina Marin, menjadikan Spanyol sebagai negara keenam yang mampu meraih podium juara di arena Olimpiade. Mantan pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Susi Susanti dan tunggal putra Alan Budikusuma merupakan dua pemenang emas pertama Indonesia. [newline]Seperti apa momen tangisan haru dan tarian kompak yang dilakukan Greysia Polii / Apriyani Rahayu setelah meraih kemenangan pada laga final bulutangkis ganda putri Olimpiade Tokyo 2020? Bukan cuma itu, kemenangan Greysia dan Apriyani juga menjadikannya emas pertama yang diraih nomor ganda putri Indonesia. Alhasil kemenangan Greysia dan Apriyani disambut gegap gempita masyarakat Indonesia, terbukti dari trending subject di lini masa saat ini.

Tarian perang dan perang ritual pada suku Indonesia adalah contoh dari latihan fisik ritual di Indonesia. Beberapa ritual suku Indonesia sangat mirip dengan olahraga, seperti tradisi “fahombo” Nias untuk ritual pendewasaan yang mirip dengan lompat gawang dan lompat jauh di atletik. Juga “karapan sapi” Madura yang sangat mirip dengan balap kereta perang. Balap perahu naga, kano dan kayak adalah cara sehari-hari orang Indonesia yang hidup di tidak jauh sungai mulia. Dalam kebiasaan istiadat Indonesia, tidak benar keterlibatan latihan fisik seperti olahraga fashionable. Suku asli Indonesia umumnya menghubungkan kegiatan yang dipekerjakan fisik dengan praktik kesukuaan; umumnya ritual, seni, kebugaran fisik dan bela diri.

Dan apapun hasil dari lima nomor cabang bulu tangkis di Olimpiade Tokyo 2020 nanti. Karena dua negara pesaing terdekat mereka dalam daftar ini terpaut jauh di pengumpulan medali. Jika menilik sejarah, sebelum Greysia/Apriyani meraih emas pada hari ini, sektor ganda putri merupakan satu-satunya yang belum pernah menyumbang prestasi di Olimpiade. Bahkan, Greysia mendapatkan kartu hitam alias didiskualifikasi bersama rekannya, Meiliana Jauhari. Taufik Hidayat menjadi peraih emas d Olimpiade Athena 2004 lewat tunggal putra.

Suku asli Indonesia umumnya menghubungkan kegiatan fisik dengan praktik kesukuaan; umumnya ritual, seni, kebugaran fisik dan bela diri. Balap perahu naga, kano dan kayak yaitu kegiatan sehari-hari orang Indonesia yang hidup di dekat sungai mulia. Dalam aturan sejak dahulu kala istiadat Indonesia, tak benar keterlibatan latihan fisik seperti olahraga trendy. Balap perahu naga, kano dan kayak yaitu kegiatan sehari-hari orang Indonesia yang hidup di tidak jauh sungai besar. Berbicara Olimpiade, Indonesia sendiri punya rejam jejak bagus di cabang olahraga bulu tangkis. Kini total atlet Tanah Air sudah menyumbangkan 7 emas, 13 perak, dan 12 perunggu dari cabor tersebut.

Keberhasilan Greysia/Apriyani juga meneruskan tradisi medali emas Indonesia dari cabang bulutangkis. Sebelumnya di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sukses merebut medali emas. Berikut rekapitulasi perolehan medali dari cabang olahraga bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 di mana Indonesia meraih dua medali. Setelah sekian lama menunggu sektor ganda putri Indonesia tidak mampu berbuat banyak dalam merebut juara di ajang Olimpiade. Terakhir di Olimpiade Rio de Janeiro Brasil, pasangan ganda putri Greysia Polii dan Nitya Krishinda Maheswari kandas di perempat last. WowKeren – Pasangan ganda putri bulu tangkis Indonesia, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu sukses mencetak sejarah!

Dengan pukulan tangan kirinya itulah, ia berhasil mengalahkan juara bertahan Ju-Do Chun. Saat itu, Pical menjadi orang kedua dari Indonesia yang memperebutkan gelar juara dunia, setelah Thomas Americo . Sedangkan dari cabang olahraga Selancar yang diikuti atlet perwakilan Indonesia, Rio Waida belum berhasil melewati round three warmth 1 dan harus menghentikan perjuangannya di babak 16 besar Kelas Papan Pendek. Setelah itu, seakan menjadi tradisi bulutangkis menjadi penyumbang emas untuk Indonesia di Olimpiade. Dalam tiga edisi setelahnya, selalu ada atlet Indonesia meraih prestasi tertinggi. Di Olimpiade Beijing 2008, ini Indonesia mengirimkan 24 atlet untuk tujuh cabang olahraga dan menempati di posisi ke-42 dari 204 negara peserta.

Gamil