Panduan Lengkap Bisnis Online Untuk Pemula Di Tahun 2020

Written by Watt on November 15, 2020 in Bisnis tanpa modal with no comments.

Hanya bermodalkan akses internet dan komputer Anda bisa memulai bisnis on-line. Cukup dengan koneksi web dan ponsel pintar anda sudah bisa megelola sebuah bisnis. Sebelum memulai bisnis on-line, anda harus menentukan produk apa yang ingin anda jual. Setidaknya produk yang anda jual bisa menjadi solusi untuk target pasar anda.

Ada cerita menarik dari themeforest.net, di mana dalam seminggu saja template terpopuler di ThemeForest terjual hampir 1.500 kopi. Coba perhatikan harga per template saja $58, maka penghasilan mereka dalam seminggu adalah $84.564 atau sekitar Rp1 milyar. Salah satu kunci dari pemasaran online adalah tampilan produk yang menarik. Apalagi, kalau pemasaran dilakukan melalui media sosial dengan konten visible, seperti Instagram. Jadi, ketika kamu sudah memutuskan untuk memulai bisnis jangan pernah untuk berhenti belajar, salah satunya dengan melakukan evaluasi terhadap bisnis yang kamu jalankan.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan bisnis on-line di Google Bisnisku. Google Bisnisku adalah fitur untuk pemilik bisnis yang berguna untuk mempermudah calon konsumen untuk mengetahui informasi lengkap bisnisnya. Dari nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email perusahaan, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga evaluate pelanggan.

Anda harus memiliki rekening khusus sebagai tempat transaksi Anda dengan pembeli. Pastikan Anda mengaktifkan aplikasi on-line banking sehingga Anda bisa melakukan cek mutasi dan melakukan switch secara mandiri di rumah tanpa harus ke ATM. Sangat penting bagi penjual on-line untuk mengecek mutasi segera setelah pembeli melakukan pembayaran. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari kemungkinan terjadinya penipuan, seperti bukti transfer palsu dari pembeli. Jangan sampai harga dan kualitas yang diberikan provider tidak sesuai.

Cara bisnis online

Mari kita simak beberapa tips dibawah ini agar Anda bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis on-line, mendapatkan banyak pelanggan dan berpenghasilan besar. Jika kamu mau memulai bisnis kuliner, kamu pun perlu foto produk yang menarik dan terlihat lezat, dengan begitu, pembeli akan lebih tertarik. Kini memulai bisnis kuliner, sembako, sayur dan buah juga dimudahkan dengan adanya aplikasi belanja on-line yang bisa membuatmu memesan kebutuhan masakmu hanya dari smartphone. Berikan juga sedikit sentuhan dengan penataan yang cantik dan background yang menarik dengan edit yang cukup. Jika kamu memiliki modal lebih, kamu juga bisa mencoba menggunakan mannequin agar foto produk bisa lebih menarik. Menentukan untuk memberikan harga diatas atau dibawah pasar tergantung kamu sendiri.

Tetapi, kemungkinan akan mendapatkan keuntungan cukup tinggi. Jadi enggak heran, banyak orang yang berbondong-bondong menjadi penjual online. Tidak jarang, karyawan yang terkena efisiensi itu akhirnya memilih membuka usaha, salah satu yang banyak dipilih karena bermodal kecil dan bisa dilakukan di rumah yaitu berjualan online. Hal tersebut pun memiliki efek domino, sejumlah perusahaan memutuskan melakukan efisiensi guna mengurangi biaya operasional salah satunya dengan cara merumahkan beberapa karyawan. Perusahaan pun banyak yang telah beralih dari cara konvensional menuju online. Era digital memungkinkan untuk berjualan on-line yang sangat mudah dilakukan.

Namun, kamu tentunya harus memahami dasar-dasar penggunaan komputer, bisa mengetik secara cepat, dan bisa berbahasa Inggris—setidaknya level newbie/elementary. Digital marketing akan melibatkan strategi, perencanaan, dan taktik untuk mendapatkan tujuan bisnis yang lebih besar lagi. Dan ini tentu akan melibatkan biaya konsultan digital advertising dan biaya iklan.

Untuk menaikkan trafik baik dari pemasang iklan loker maupun pencari kerja, Anda tidak bisa berharap pada konten web site saja. Untuk membangun website loker yang kuat, Anda butuh platform yang andal dan metode pembayaran yang kredibel. Misalnya, Anda bisa mengonlinekan website di platform wordPress dan menginstall plugin untuk menambahkan fitur. Setelah itu, kelolalah dengan baik agar trafik meningkat dan website ramai pengunjung. Anda harus memahami suatu bidang untuk bisa benar-benar terjun dalam bisnis ini.

Masalah semacam ini mungkin bisa anda pecahkan dan carikan solusinya. Pada titik ini, Anda akan membangun “1.000 pelanggan” dan bisnis yang sudah siap untuk berkembang. Lakukan launching yang besar ketika promosi mencapai setiap akhir bulan atau kuartal. Ini berarti Anda memiliki rekan atau mitra kerja sama untuk melakukan launching bisnis Anda. Setiap launching atau peluncuran yang dilakukan harus menghasilkan pendapatan dan momentum yang serius bagi bisnis Anda. Dua startup yang sudah berstatus unicorn tersebut memiliki model bisnis yang sama yaitu market.

Comments are closed.