Raih Emas Olimpiade, Greysia Polii Lewati Rekor Pebulu Tangkis Legendaris China

Sebelumnya, China mendapat medali perunggu dari Li Yongbo/Tian Bingyi di Olimpiade Barcelona 1992, serta satu medali perak dari Cai/Fu yang dikalahkan Hendra/Kido di last Olimpiade Beijing 2008. Selain bulu tangkis prestasi mengejutkan datang dari atletik dan senam. Atletik yang tahun sebelumnya hanya meraih satu emas kini jadi tumpuan.

Apriyani Rahayu dan Greysia Polii (Instagram-greyspolii)Kemenangan ini sekaligus melanjutkan tradisi emas yang didapat Indonesia dari cabang olahraga bulu tangkis. Pasangan ganda putri dari Indonesia berulang kali tersisih pada perempat final di Olimpiade. Sebelum Greysia/Apriyani, belum pernah ada ganda putri Indonesia yang mampu mempersembahkan medali Olimpiade. Tentu akan semakin luar biasa jika Greysia/Apriyani langsung sekaligus bisa pulang dari Olimpiade Tokyo 2020 dengan membawa emas. Di laga itu, Greysia/Apriyani tampil luar biasa untuk melawan unggulan kedua Olimpiade Tokyo.

Lifter Rahmat Erwin Abdullah membuat kejutan dengan total angkatan 342 kg. China dan Jepang sama-sama memiliki 15 emas saat rangkaian pertandingan hari ini ditutup. Cabang atletik Olimpiade Tokyo 2020 berlanjut ke hari kedua, Sabtu, dengan Lalu Muhammad Zohri akan mewakili Indonesia di nomor one hundred meter putra. Catatan waktu terbaik Zohri adalah 10,03 detik yang ditorehkannya dalam seri Golden Grand Prix Osaka 2019 di Jepang.

Butuh komitmen untuk mengejar mimpi ini, medali emas Olimpiade,” ujar Greysia Polii dalam konferensi pers usai pertandingan. Pukulan pasangan Chen/Jia yang mengarah ke luar garis lapangan di menit-menit akhir memastikan medali emas untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo. Lifter putri Indonesia, Windy Cantika Aisah, mempersembahkan medali perunggu di kelas forty nine kilogram putri. Riau Ega Agatha Salsabilla/Diananda Choirunisa dikalahkan pasangan Turki, Mete Gazoz/Yesemin Anagoz, di perempat final dengan skor 2-6. The Minions terhenti di babak perempat ultimate setelah dikalahkan wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan skor dan 17-21. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan tumbang 21-17, dan dari ganda Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, dalam perebutan medali perunggu.

Pada partai final ganda putri yang berdurasi 70 menit itu, Chen/Jia berhasil mengatasi perlawanan sengit Misaki/Ayaka. Selain menjuarai pertandingan, Chen/Jia lantas memperpanjang rekor catatan kemenangan atas pasangan ganda putri terbaik nomor dua dunia itu. Viktor Axelsen sukses menumbangkan Chen Long untuk meraih medali emas tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020. Sejarah mencatat Greysia Polii dan Apriyani Rahayu sebagai pasangan yang pertama kalinya menyabet rekor medali Olimpiade cabang olahraga badminton ganda putri. Kisah dibalik itu tidak semanis yang ditorehkannya, Greysia Polii sudah punya keinginan untuk pensiun sebelum Olimpiade Tokyo 2020. Bujukan dan rayuan Apriyani Rahayu yang akhirnya melangkahkan kaki mereka berdua di final Olimpiade Tokyo 2020 kejuaraan badminton ganda putri.

Rekor medali emasi ganda putri

Fu mengulang sukses di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, berpasangan dengan Zhang Nan. Greysia/Apriyani juga menjadi ganda putri Indonesia pertama yang dipastikan merebut medali di ajang Olimpiade. Mereka akan memperebutkan medali emas melawan Chen/Jia dari Tiongkok. Keberhasilan Greysia/Apriyani sekaligus menjadi rekor di sektor ganda putri. Mereka menjadi ganda putri Indonesia pertama yang melaju sampai babak final di Olimpiade. Sejak saat itu, wakil Indonesia di kelas ganda putri belum pernah menjajaki semifinal olimpiade.

Ucapan selamat juga mengalir dari Kementerian Komunikasi dan Informasi melalui akun Twitter @kemkominfo. Ganda putri Merah Putih tak ingin jemawa usai memastikan lolos ke final, dan akan berusaha untuk tetap fokus dan konsentrasi pada partai pemungkas nanti. Pertandingan berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Sabtu (31/7) pagi WIB. Greysia/ Apriyani mendapat perlawanan ketat dari pasangan Korsel, sebelum laga berakhir dengan skor 21-19, 21-17. Perlahan tapi pasti, Greysia/Apriyani sempat menjauhkan poin menjadi 8-3.

Bukan hanya itu, ada deretan rekor lain usai sukses Greysia/Apriyani meraih medali emas. Apriyani Rahayu turut menjadi atlet termuda peraih emas di ganda putri Badminton. Ini memecahkan rekor sejarah badminton Olimpiade dengan umur 23 tahun three bulan. Kemenangan itu sekaligus membuat Greysia/Rahayu mencetak rekor mendapatkan medali emas pertama dalam sejarah ganda putri Indonesia. Perenang Hong Kong Siobhan Bernadette Haughey memperoleh medali perak dengan juga menciptakan rekor Asia yang baru dengan fifty two,27 detik.

Fadlan menempati posisi ke-29 dari keseluruhan peringkat di babak penyisihan nomor four hundred meter renang gaya bebas putra Olimpiade Tokyo 2020. Ega gagal melangkah ke babak berikutnya karena kalah dari Jacob Wukie dengan skor tipis 5-6. Lewis Hamilton meraih pole place ke-101 seusai mencatatkan waktu 1 menit 15,419 detik dalam kualifikasi F1 GP Hungaria 2021.

Sebelum ini, hampir tidak ada atlet bulutangkis dari nomor ganda putri Indonesia yang berhasil meraih medali di ajang terbesar dunia tersebut. Dia memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang eks tunggal putri China, Zhang Ning , saat meraih medali emas di Beijing 2008. Untuk bola voli, tim putra dan putri Indonesia semuanya harus puas dengan medali perak. Adapun raihan medali emas dari cabang olahraga bulutangkis oleh Greysia/Apriyani menambah koleksi medali tim nasional Indonesia di Olimpiade menjadi complete Bandar Slot Online empat medali.

Gamil