Trik Agar Anak Mau Mendengarkan Orang Tua

Karena jika Anda terlalu bangga, maka akan muncul tuntutan dari dalam diri agar anak fasih berbahasa Inggris. Akibatnya, Anda tidak terlalu memperhatikan kemampuan komunikasi anak dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Ini bagian dari proses belajar bahasa Inggris untuk anak yang cukup menantang. Karena pada hakekatnya anak sudah dikatakan mahir berbahasa Inggris ketika ia sudah bisa diajak tanya jawab.

Dibutukhan kesabaran dan ketekunan untuk terus membantu belajar bahasa Inggris untuk anak. Jadi, Anda sebagai orang tua dituntut untuk terus menerus menerapkan ideas tersebut. Tidak hanya mengetahui suggestions mendidik anak yang benar,saja, sebagai orang tua, Anda juga harus tahu mana didikan yang salah loh. Meski orang tua juga manusia yang pernah salah, namun Anda juga perlu menyadari juga apakah didikan yang Anda berikan benar atau salah.

Mengajarkan cara dan manfaat berbagi dengan orang lain juga perlu ditanamkan sejak dini agar anak tumbuh dengan tidak egois dan juga memperdulikan orang lain. Kepuasan akan berbagi perlu dirasakan oleh anak menjadi suatu hal yang membawa kebahagiaan bagi dirinya maupun orang lain. Kritikan terhadap ide, perasaan, pemikiran anak, atau terhadap diri anak sendiri. Kritikan dapat dilihat anak sebagai serangan terhadap dirinya dan bisa membuat anak memiliki vanity yang rendah.

Cara agar anak mau mendengarkan kata orang tua

Gambar anatomi tubuh yang sederhana, salah satu media yang bisa ibu manfaat. Anak-anak biasanya senang ketika dipuji atas keberhasilan yang sudah dilakukannya. Oleh karenanya coba sampaikan betapa bangganya Anda sebagai orang tua ketika anak bisa menjadi pendengar yang baik, dan mau menuruti permintaan. Jangan berbicara panjang lebar saat anak sedang fokus dengan sesuatu hal, bisa jadi ia justru tidak mengerti apa yang orang tua katakan. Cara mendisiplinkan anak dari perilaku seenaknya ini bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Hal ini bisa membuat orang tua mengetahui apa yang tengah digemari anak, apa masalah yang dihadapinya, atau apa yang sedang dirasakannya. Kehadiran orang tua dalam hidup anak juga akan memberikan contoh yang baik bagi mereka dan membangun hubungan yang dekat di antara keduanya. Kesalahpahaman tersebut membuat komunikasi anak dan orang tua tidak berjalan dengan baik. Akibatnya, setiap kali anak berbicara dengan orang tua justru akan berakhir dengan perlawanan dari sisi anak dan emosi yang meluap dari sisi orang tua.

Dia berhenti untuk melihatmu jika mengatakan “tidak-tidak.” Jika seseorang bertanya “Di mana Mommy?” dia akan mencarimu. Dia akan menunjuk, mengeluarkan suara, dan menggunakan tubuhnya untuk “memberi tahu” apa yang dia inginkan. Mengajarkan anak bukan berarti harus selalu membuat “peraturan-peraturan baru” yang tidak menyenangkan baginya, akan tetapi juga bisa dengan cara bermain bersama.

Sering kali orang tua berpikir bahwa akrab dengan anak adalah sesuatu yang keren. Namun, sadarkah Anda bahwa hal tersebut akan membuat Anda sulit untuk menolak keinginan anak, dan membuat anak menjadi egois, karena peran orang tua disamakan dengan keakraban seorang teman. Nah, pada usia tahun anak sudah mulai memasuki usia remaja, dan bukan anak-anak lagi. Sehingga di fase ini, orang tua sangat berperan penting untuk menjadi sahabat anak, namun tetap memiliki kekuasaan dalam mengatur kehidupannya, namun jangan juga terlalu ikut campur. Sehingga orang tua harus memaintain dan mengoreksi semua hal-hal yang si kecil lakukan. Gunakan kata- kata yang sederhana dan perlahan agar mudah dipahami oleh anak.

Rusaknya hubungan orang tua dan anak secara alami menjadi konsekuensinya. Usia 0 tahun merupakan masa-masa yang kritis bagi perkembangan otak sang anak. Pada tahap inilah anak mengalami masa-masa keemasan dimana perkembangan otaknya terjadi dengan cepat dan pesat. Pada masa ini bahkan otak anak memiliki kemampuan untuk menyerap pengalaman-pengalaman baru lebih cepat dari anak yang berusia three tahun. Oleh sebabnya, Anda jangan sampai salah dalam mendidik maupun memberikan contoh-contoh bagi putra-putri Anda. Orang tua perlu meluangkan waktu untuk bermain atau sekadar berbicara dengan anak.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum, selama, atau sesudah anak dengan gangguan spektrum autisme mendapatkan obat oleh karena itu dibutuhkan pemantauan yang berkesinambungan. Orangtua perlu berdiskusi dengan dokter spesialis kedokteran jiwa untuk mengetahui dengan jelas goal terapi obat yang diberikan. Derajat keparahan stage 2 cukup membutuhkan bantuan yang mendasar, yaitu mengalami ketidakmampuan bermakna dalam berkomunikasi sosial yang terlihat meskipun sudah mendapatkan bantuan. Hasil pencitraan otak anak dengan gangguan spektrum autisme sering kali menunjukkan adanya peningkatan quantity area putih dan abu-abu otak serta pelebaran ruang otak yang berisi cairan. Paparan terhadap zat kimia, seperti merkuri, cadmium, nikel, trikloroetilen, dan vinil klorida memegang peranan penting dalam terjadinya gangguan spektrum autisme. Ajak anak bicara baik-baik dan berikan alasan mengapa anak harus melakukan perintah orang tua.

Ia tidak dapat menangkap arti perkataan, perbuatan, dan emosi yang tersirat sehingga menyulitkan untuk membina hubungan dengan orang lain. Saat berbicara pun, anak dengan gangguan spektrum autisme sering memiliki ritme atau intonasi yang tidak biasa sehingga nada bicara terdengar monoton. Sebagai orang tua, selalu bersikap lembut kepada anak adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Sebab hanya dengan tutur kata yang lembut, seorang anak akan mendengarkan perkataan dari orang tuanya.

Gamil