10 Pebulu Tangkis Indonesia Yang Sukses Di Kejuaraan Dunia

Bersama dengan Alan, Susi Susanti juga menjadi atlet kebanggaan Indonesia dengan prestasinya memenangkan medali emas pertama untuk Indonesia di kategori tunggal putri pada Olimpiade Barcelona 1992. Susi juga berhasil meraih medali perunggu pada Olimpiade Atlanta 1996, 6 kali Juara Dunia, dan 2 kali Uber Cup. Atlet bulu tangkis yang mengharumkan nama Indonesia selanjutnya adalah Antonius Budi Ariantho. Antonius Budi Ariantho mendapatkan gelar juara Indonesia Open 1996 untuk sektor ganda putra, bersama dengan atlet Denny Kantono. Greysia / Apriyani merupakan ganda putri pertama Indonesia yang berhasil merebut medali emas olimpiade. Mereka menumbangkan andalan Cina, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan di babak last dengan skor 21-19, 21-15.

Seluruh anggota timnas diminta menjalani isolasi di lodge selama 10 hari dan tidak lagi mempunyai kesempatan untuk kembali bertanding. Tapi melihat video Mbak Gres dan Mbak Apri tadi ini luar biasa. Keduanya memastikan bahwa badminton tetap masih menjadi prestasi Indonesia,” tegasnya. Dengan kemenangannya tersebut Anthony Ginting berhak atas medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020. PORTAL JOGJA – Anthony Sinisuka Ginting melengkapi kebanggaan Indonesia hari ini dengan memenangkan pertandingan melawan pebulutangkis asal Guatemala, Kevin Cordon.

Atlet bulu tangkis Indonesia ini berhasil meraih medali emas dengan teknik backhand smash yang sangat dikuasainya. Saat melakukan teknik tersebut, Taufik Hidayat mampu meraih kecepatan hingga 260 km/jam. Pebulutangkis Alan Budikusuma, juga menjuarai tunggal putra kompetisi terkait cabang bulu tangkis. Alan saat itu berstatus pacar Susi, sehingga beberapa media asing memberi sebutan kedua atlet itu dengan ‘Pengantin Emas Olimpiade’.

Bersama Han Aiping, Lingwei berhasil menyabet dua gelar juara IBF World Championships dan IBF World 1985 di nomor ganda. Selain itu, ia juga berhasil mengantongi tiga medali emas dan dua medali perak di ajang BWF World Championships. Tak hanya gemilang di sektor ganda, di nomor tunggal pun, Lingwei berhasil merebut gelar juara World Grand Prix. EA Games 1999, telah membawa perubahan di dalam kehidupan Taufik Hidayat di lapangan bulu tangkis.

Dua kebanggaan Pebulu Tangkis Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 kini memang tengah menjadi perbincangan hangat. Dukungan terus berdatangan untuk para atlet yang tengah berjuang mengharumkan nama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Berteriak, melompat, bahkan berlari untuk melepas kebahagiaan ketika atlet Merah Putih mendapatkan poin. Sebaliknya, mereka akan memukul benda apa saja di dekatnya sekadar melampiaskan kekesalan ketika lawan merebut poin. Anak-anak muda harus menyiapkan sejak dini jika ingin jadi atlet andalan seperti mereka.

Prestasi yang membanggakan tersebut mendapat apresiasi dari seluruh insan bulutangkis dunia. Julukan “Smash one hundred Watt” sepertinya memang pantas ia terima karena kecepatan smash-nya tersebut. Menurut Bernard Adams anak-anak Duke – tujuh laki-laki dan empat perempuan – inilah yang mulai memainkannya di ruang depan. Mereka kemudian merentangkan tali di antara pintu dan perapian dan bermain dengan menyeberangkan kok melewati tali itu.

Mereka bisa menimba pengalaman bertanding di sini, “imbuh Achmad Budiharto. Dalam pertandingan yang digelar di Tokyo International Forum, Jepang, Minggu (25/7), Eko sudah berusaha merebut medali emas dari saingan terberatnya lifter China, Li Fabin. Di luar itu, Ginting secara konsisten memegang inisiatif penuh untuk mengunci kemenangan dan mematahkan harapan Guatemala membawa pulang medali kedua dari cabang bulu tangkis Olimpiade.

Selain pasangan Greysia/Apriyani, tunggal putra Anthony Ginting juga akan berusaha mengejar medali perunggu dengan menghadapi wakil dari Guatemala, Kevin Cordon. Saat ini Tony tengah menjadi pelatih di Amerika Serikat sejak 2001. Selama berkarier sebagai pebulutangkis skilled, Tony berhasil membukukan beberapa prestasi, seperti medali emas di ajang Olimpiade 2000, Seville World Championships 2001, dan World Championships 2005. Dari lima sektor, ganda putra Indonesia menjadi penyumbang gelar terbanyak, yakni 10.

Dari sinilah nama badminton tercetus untuk menyebut permainan yang semula bernama poona atau battledore itu. Cara memainkannya adalah, dua orang bertanding memukul buntalan wol sebagai shuttlecock dengan tongkat sederhana sebagai raket dan berusaha agar buntalan wol itu tidak jatuh ke tanah. Menurutnya, capaian dari duet pebulutangkis tersebut membuat Link Kong4D bangga seluruh masyarakat Indonesia. Ketika ditanyakan untuk siapa medali perak yang dipersembahkan, Eko menjawab. “Medali perak ini saya persembahkan untuk seluruh masyarakat Indonesia dan keluarga.” Dengan hasil ini, Ginting menorehkan prestasi tertinggi dalam karir bulu tangkisnya dengan memenangkan medali dari ajang Olimpiade perdananya.

Selain itu, ia juga pernah meraih medali perak dan empat medali perunggu di World Championships 2001. Sebelum gantung raket, Gade berhasil mengantongi medali perunggu di ajang Thomas dan Uber Cup 2012. Sejak lama Indonesia memiliki atlet-atlet andal dalam cabang bulu tangkis yang hingga saat ini keikutsertaannya selalu diperhitungkan dalam setiap kejuaraan. Beberapa di antaranya selalu dikenang dan menjadi legenda karena prestasinya yang luar biasa dan dedikasinya dalam dunia perbulutangkisan. Anthony Sinisuka Ginting menuntaskan petualangan di Olimpiade Tokyo 2020 dengan raihan medali perunggu nomor tunggal putra. “Saya nekat pindah ke Jakarta karena saya punya mimpi untuk menjadi pemain dunia dan menjadi juara dunia, masuk tv dan membuat orang tua saya bangga,” ujarnya sambil terkekeh.

Gamil