14 Ideas Cara Mendidik Anak Yang Baik Dan Benar Di Usia Emas

“Mau mendengarkan dan menghargai pendapat anak merupakan salah satu bentuk pola asuh yang mengedepankan partisipasi anak,” katanya. Orang tua sering kali tidak mendedikasikan cukup waktu untuk anak-anak mereka karena pekerjaan atau kegiatan lain. Namun, memiliki komunikasi yang baik antara orang tua dan anak sangat penting, karena memperkuat ikatan emosional dan menghasilkan rasa aman dan percaya diri. Namun sayangnya, orang tua tidak memikirkan kemampuan si anak, apakah anak akan mampu untuk selalu mendapatkan nilai sempurna, apakah hal tersebut bisa mengganggu kesehatan psychological anak.

Cara agar anak mau mendengarkan kata orang tua

Mendengar kata tidak bisa jadi membuat anak lebih tidak mendengarkan Anda. Hanya dengan mengganti kata tidak dengan ya atau lebih baik, mereka akan mengetahui bahwa Anda sebagai orang tua benar-benar menyayanginya dan mereka pun lantas mau mendengarkan Anda. Namun, ketikaParents ‘menggelitik’ kecerdasan anak dengan kata-kata yang terdengar berbeda tetapi memiliki makna yang sama, hal tersebut akan membuatnya terkejut. Sebagai alternatif,Parents juga bisa memberikan instruksi khusus agar anak mau mendengarkan. Ketimbang harus melalukan cara yang terlalu keras tersebut, solusi yang tepat ketika anak tidak mau mendengarkan orangtua adalah mengajaknya bicara baik-baik. Tidak dapat dipungkiri, menghadapi anak yang tidak mau mendengarkan imbauan orangtua bukan perkara mudah.

Kemampuan mendengarkan dan menghargai orang lain itu perlu dilatih sejak dini, lho. Ya, Anda tidak bisa menuntut si kecil untuk mendengarkan orangtuanya bila Anda sendiri tidak pernah membimbingnya dengan tepat. Memang, penerapan pola asuh orangtua pada anak adalah hak Mama Papa sebagai orangtua. Namun, perlu disadari bahwa pola asuh yang baik adalah pola asuh yang adil, fleksibel, saling menghargai satu sama lain, dan menjadikan proses belajar sebagai hal utama daripada pencapaian anak akan sesuatu. Banyak orang bilang anak itu tidak bedanya seperti kertas putih yang kosong.

Padahal, berteriak bukan cara yang tepat supaya anak nurut dengan orang tua lho, Bu. Ibu perlu memahami 9 teknik dibawah ini yang perlu dilakukan supaya anak nurut dan tidak lagi membangkang. Seorang anak yang mengalami perlakuan kasar di sekolah mungkin tidak mau mendengar apa yang orang tua katakan. Intuisi berperan dalam menjalin komunikasi dan interaksi yang baik dengan anak. Cara mengatasi anak nakal selanjutnya adalah dengan mengajarkannya hal yang baik.

Hukumlah anak bila perlu, tetapi kendalikan emosi Anda dan berteriak. Lebih baik, orang tua memulai percakapan yang inspiratif untuk memberikan anak-anak keteladanan di dalam rumah. Bila ingin anak-anak mau mendengar dan menuruti perkataan Anda, maka Anda juga harus mau mendengarkan keinginan dan pendapat anak, jangan seakan-akan Anda ingin “menguasai anak”. Dengan begitu, sekalipun si anak lagi sibuk, ia akan memprioritaskan orangtuanya yang sedang berbicara,” sambungnya. “Jika di keluarga Anda terbiasa saling mendengarkan, terbuka, berdiskusi, umumnya anak akan selalu mendengar,” kata Gracia.

Gamil