25 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi Setiap Hari

Sebaiknya, jangan pernah memaksa bayi untuk makan melainkan Moms harus mencari cara kreatif agar jadwal makan bayi tetap terlaksana dengan baik. Nah, jika kondisi bayi sedang baik-baik saja namun ia mengalami penurunan nafsu makan, bisa saja terjadi karena tubuhnya kurang berenergi. Jika anak tidak mau makan, orang tua dapat memberikan hukuman yang mendidik. Saat makan berlangsung, sediakan camilan sebagai selingannya dibeberapa suapan. Camilan disini berfungsi sebagai alat pancing agar anak mau makan.

Tumbuh dengan baik, dapat dilihat dari naiknya berat badan dan tinggi badan secara teratur, dan proporsional. Agar anak lebih semangat, luangkan waktu untuk mengolah makanan si kecil bersama-sama di dapur. Libatkan ia untuk memotong-motong sayuran atau mengaduk makanan.

Saat menyiapkan makanan, maka ibu bisa libatkan anak dari mula mengambilkan buah dan sayur hingga siapkan makanan di meja makan. Maka, ia akan mencontoh kebiasaan orang tuanya yang makan makanan sehat dan mengenal bahan makanan. Memberi suplemen makanan untuk anak bisa jadi cara jitu untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Pilih suplemen bentuk sirup atau permen jeli yang disukai anak-anak. Lebih bagus lagi jika suplemennya mengandung temulawak yang bisa menambah nafsu makan. dr Diana menambahkan, sebenarnya dengan semakin lama jam makan anak, asupan total anak menjadi lebih sedikit.

Ajak si kecil memilih sendiri peralatan makannya sehari-hari, mulai dari sendok, garpu, piring, mangkuk, hingga gelas. Dengan memiliki alat makan bergambar karakter favorit atau berwarna cerah sesuai kesukaannya, si kecil bisa menjadi lebih bersemangat menyambut momen makan. Satu lagi ideas agar bayi mau makan MPASI bisa dilakukan dengan membiarkannya makan bersama saat waktu keluarga makan. Jadi si kecil bisa melihat bagaimana keluarga makan bersama dan menikmati makanannya.

Tips agar anak mau makan dengan lahap

Karena setiap anak memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya yang perlu Anda coba adalah dengan memberikan makanan yang sama beberapa kali. Anak mungkin tidak suka jenis makanan tertentu saat pertama kali. Namun, bisa saja anak menyukainya di kesempatan kedua atau kesempatan yang lain.

Sebaiknya ibu memisahkan antara nasi dan juga lauk agar anak lebih berselera makan. Mencampurkan nasi dengan lauk memang akan terlihat berantakan di meja makan sehingga nafsu makan anak pun bisa menghilang. Ibu tidak hanya dituntut untuk pintar memasak namun ibu juga dituntut untuk bisa pintar dalam menyajikan makanan. Anak akan menjadi berselera untuk memakan makanannya jika tampilan makanan menarik.

Gamil