4 Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget

Anak-anak di bawah usia 2 tahun sebaiknya tidak dibiarkan bermain gadgetsendirian, termasuk TV, smartphone dan tablet. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Video memperlihatkan seseorang disuntik jarum kosong mendadak viral di media sosial.

Cara agar anak tidak kecanduan gadget

Jangan khawatir selama kita mau belajar dan cari tau diharapkan untuk bisa mengerti tentang dunia teknologi. Orang tua juga harus memberikan kesempatan pada anak untuk bermain gadget. Namanya kesepakatan pasti dilakukan dua orang atau lebih atas kesadaran sendiri, berikan konsekuensi yang harus diambil apabila kesepakatan tersebut dilanggar.

Bahkan, untuk kebutuhan anak-anak, harus dilakukan pembatasan karena sangat beresiko. Memang tidak mudah mengalihkan anak dari penggunaan telepon genggam. Namun dengan usaha yang baik dan pendekatan yang menyenangkan, bahaya kecanduan gawai pada anak bisa dihindari.

Semakin anak menemukan hal baru, maka akan semakin asyik dalam permainan gawai. Selain itu, cara ini juga untuk mencegah efek buruk pornografi pada gadget. Misalnya dengan membuat kegiatan menyenangkan di luar rumah, bermain, berkebun, berolahraga bersama dan sejenisnya. Aktivitas yang melibatkan anggota keluarga di luar ruangan akan membuat anak sedikit bisa melupakan gawainya. Buat kesepakatan dengan anak berapa lama boleh primary gawai dan kapan waktunya. Perjanjian ini harus disiplin dikontrol dan ditegakkan orang tua agar-agar anak-anak ikut disiplin.

Jadi orang tua perlu menentukan strategi yang tepat untuk memperkenalkan gadget pada anak. Seiring dengan itu, orangtua juga harus mengatur jadwal anak untuk tidur dan beraktivitas fisik. Langkah-langkah di atas memang perlu Bunda lakukan untuk membatasi penggunaan gadget Si Kecil. Namun, usahakan untuk tidak memarahi atau meneriaki Si Kecil saat ia sedang mengeyel.

Gamil