7 Cara Menarik Perhatian Anak Agar Fokus Belajar

Jika saat anak belajar, orang tua justru bermain gadget atau menonton televisi, anak akan menganggap belajar sebagai suatu kewajiban yang membuat ia dijauhkan dari kegiatan menyenangkan seperti yang dilakukan orang tuanya. Sering kali anak menganggap belajar merupakan kewajiban semata, karena ia tidak mengerti makna dan manfaat dari materi yang ia pelajari. Oleh karena itu, orang tua perlu membantu anak untuk mengenali dulu tujuan belajarnya. Sebelum menyuruh anak untuk belajar atau mendaftarkan anak ke tempat les, orang tua harus membuka ruang komunikasi dengan anak lebih dahulu. Tujuan komunikasi ini adalah agar orang tua paham betul apa yang menyebabkan anak malas belajar. Jika anak kesulitan memahami materi, orang tua perlu menelaah penyebabnya untuk mengetahui apakah ia kesulitan karena ada keterbatasan kognitif atau karena gangguan fisik tertentu, misalnya kesulitan melihat, mendengar, atau bicara.

Tunagrahita merupakan sebuah kondisi di mana seorang anak memiliki keterbelakangan mental atau disebut juga dengan retardasi psychological. Maka dari itu, gaes, mulai dari sekarang, ada baiknya kalau kamu mulai mengubah mindset-mu. Cobalah untuk selalu berpikir positif bahwa matematika merupakan pelajaran yang mudah. Pikirkan bahwa kamu bisa memahami dan mengerjakan semua tugas-tugasmu. Di dalam buku kumpulan rumus itu, kamu bisa menulis rumus-rumus dengan kekreativitasanmu.

Anak mengekspresikan kemarahan dengan berteriak, memukul, menendang, menangis, tidak mau beranjak dari tempat tertentu, berguling – guling, menjatuhkan diri ke lantai, bahkan menyakiti diri sendiri. Umumnya, tantrum merupakan ekspresi frustrasi dari anak karena keterbatasan dan ketidakmampuan mereka dalam mengkomunikasikan pikiran dan perasaannya. Bisa juga anak merasa orang tua tidak peduli dengan kebutuhannya, tidak mau mendengarkan dan tidak memahami keinginannya, sehingga di puncak frustrasinya anak pun “mengamuk”.

Metode bandongan atau weton adalah sistem pengajaran secara kolektif yang dilakukan di pesantren. Karena berlangsungnya pengajian itu merupakan inisiatif Kyai sendiri, baik dalam menentukan tempat, waktu, terutama kitabnya. Disebut bandongan karena pengajian diberikan secara kelompok yang diikuti oleh seluruh santri. Kelompok santri yang duduk mengitari Kyai dalam pengajian itu disebut halaqoh. Prosesnya adalah Kyai membaca kitab dan santri mendengarkan, menyimak bacaan Kyai, mencatat terjemahan serta keterangan Kyai pada kitab atau biasa disebut ngesahi atau njenggoti.

Jika perlu, minta izin pada anak untuk menghentikan sementara aktivitasnya, agar orang tua mendapat kesempatan untuk berbicara. Terkadang hal itu membuat orang tua menjadi hilang kesabaran membuatnya meningkatkan quantity suara dengan nada membentak. Atau berbicara dengan panjang lebar, dengan tujuan agar anak menyimak dengan baik apa yang diucapkan orang tua. Untuk meningkatkan semangat mereka, penting untuk Bapak/Ibu Guru memberikan humor segar di tengah-tengah pengajaran yang sedang diberikan.

Cara agar anak mau mendengarkan pelajaran ketika sekolah

Mulailah diatur, anda memulainya dengan cara yang kurang tepat sehingga terjadi hal ini. Aturlah anak sesuai porsinya dan tetaplah menggunakan kasih sayang dalam memberikan peraturan tersebut. Mengatur anak tidak selalu harus dengan suara keras, tetapi bisa dengan himbauan, rayuan dan kasih sayang. Masalah anda tidak bisa dijelaskan melalui proses tanya jawab disini. Anda bisa berkonsultasi dengan konselor yang bisa membantu anda, karena akan membutuhkan jawaban yang sangat kompleks untuk anak usia seperti itu. Bukan, anak laki-laki terkadang sedikit terhambat dalam berkomunikasi.

Meskipun kegiatan-kegiatan itu sederhana, yang paling penting adalah tentang kerja sama yang dapat dilakukan oleh siswa dalam bekerja kelompok. Pengalaman mengajar di kelas tinggi, dilaksanakan di kelas 5C. Kelas ini terdiri dari 22 siswa, satu dari siswa tersebut pernah mengalami benturan keras pada bagian kepala sehingga menyebabkan siswa tersebut lambat dalam belajar. Karena berbagai hal, siswa yang bersangkutan sering tidak diterima dalam kelompok. Siswa itu sendiri lebih banyak menyendiri dan tidak mau bergaul.

Gamil