Anak Susah Makan Jangan Dibiarkan! Ini 10 Cara Mengatasi Yang Tepat

Bukan hanya makan bersama, Bunda juga bisa mengajak Si Kecil untuk menyiapkan makanannya bersama. Selain Si Kecil bisa mengenal beragam jenis makanan, momen ini juga bisa meningkatkan bonding antara Bunda dan Si Kecil. Biasanya, Si Kecil akan lebih tertarik untuk makan makanan yang sudah ia siapkan. Tips lain untuk menangani Si Kecil susah makan adalah dengan membuat jadwal waktu makan Si Kecil sebagai rutinitas wajib. Sebaiknya, Si Kecil makan makanan utama sebanyak tiga kali dan menu makanan selingan sebanyak dua kali.

Pilih kata-kata yang mampu membangkitkan semangatnya untuk makan nasi kembali. Untuk cara mengatasi anak susah makan, mungkin ibu perlu mengetahui terlebih dulu tentang gaya makan anak. Karena ada juga lho anak yang menolak makan malam karena anak suah merasa terlalu kenyang makan siang harinya. Nasi memang cenderung hambar, jadi nggak heran kalau kadan anak merasa malas makan nasi.

Misalnya, mencetak nasi goreng berbentuk wajah lucu serta makanan sehat yang berwarna warni sehingga menarik minat. Sebenarnya tidak masalah ketika yang dimakan adalah cemilan sehat. Oleh karena itu berikan ia cemilan sehat dalam porsi kecil namun beragam.

Semakin banyak energi yang dikeluarkannya, ia akan cepat merasa lapar. Dengan begitu, si kecil akan terbiasa memproses makanan dengan cepat. Jika perlu, Anda bisa memberinya air putih sedikit agar makanan di mulutnya cepat ditelan. Perkenalkanlah ia dengan berbagai jenis santapan dengan tekstur yang berbeda-beda setiap harinya. Untuk perkenalan awal, sebaiknya porsi yang diberikan jangan banyak-banyak.

Hindari Memaksa Anak Untuk MakanJika anda adalah orang tua yang memiliki masalah kesulitan makan pada anak, anda sebaiknya menghindari pemaksaan untuk makan. Setiap momen makan yang disertai dengan paksaan justru akan membuat anak semakin tidak mau makan. Semakin besar anak akan dengan mudah mengenali makanan yang disukai dan tidak disukai. Terkadang mereka bisa mogok makan jika keinginannya tidak dikabulkan. Sebagai orang tua tentu hal ini terasa sangat menjengkelkan sekaligus melelahkan.

Ini untuk membuat anak mengkonsumsi makanan yang diberikan di jam makannya dengan lebih lahap karena perutnya sudah lapar. Cara ini tidak efektif dan hanya akan memperburuk nafsu makan anak saja dan membuat anak menganggap momen makan menjadi momen yang tidak disukainya. Ketika anak menolak makan, tetaplah bersikap tenang dan hindari memaksanya. Cobalah untuk menanyakan kemauannya agar anak mau sedikit demi sedikit memakannya sambil bermain.

Petunjuk di bawha ini mungkin bisa jadi inspirasi untuk cra mengatasi anak susah makan. FaKtor penyebab seorang anak susah makan dikarenakan faktor fisik dan faktor psikis. Dengan memaksa ibu tidak akan mendapatkan apa-apa, yang didapatkan hanyalah penolakan dan penolakan. Jika anak menolak untuk makan biarkan terlebih dahulu, sebab lama-kelamaan anak akan merasakan lapar selama anak tidak nyemil makanan lain.

Bagaimana cara untuk mengatasi anak yang susah makan

Supaya anak lebih antusias dengan sarapannya, ajak mereka bergabung dengan Anda di dapur untuk menyiapkan masakan. Kalau anak Anda aktif bergerak, Anda mungkin kesulitan meminta mereka duduk dan anteng untuk makan. kurang gizi, sebaiknya anda kunjungi dokter atau ahli gizi untuk berkonsultasi. Jika misal anak masih tidak ingin makan padahal telah memasak lauk keinginannya, bisa dijadikan pelajaran sebagai tindakan tanggung jawab dengan apa yang diminta. Saya pernah memaksa Attar untuk makan, hingga akhirnya dia tidak mau makan ketika bibirnya tersentuh sendok. Selain itu, trauma ketika makan juga bisa terjadi karena ibu memarahinya.

Anak yang awalnya tidak suka jajan, setelah sering bermain dengan teman yang gemar jajan, mau tidak mau anak akan meniru dan terkadang juga karena pengaruh temannya. Saat anak gemar mengonsumsi jajanan, maka perlahan akan menjauhkan anak dari makanan sehat. Orang tua biasanya mengalamai kesulitan dalam membujuk anak, maka melibatkan dirinya untuk bermain bersama anak akan sangat membantu. Mengajak anak ke warung untuk jajan dan mencari makanan favoritnya adalah salah satu cara untuk membuat anak memiliki nafsu untuk makan. Jadi mulai sekarang harus banyak makan dirumah dan jangan terlalu sering jajan.

Biasanya, Si Kecil akan lebih tertarik untuk makan saat melihat orang sekelilingnya makan. Namun, ketika Si Kecil ternyata tak ingin mencoba makanan baru yang disajikan, Bunda jangan memarahinya. Bagaimanapun Si Kecil masih dalam tahap belajar tentang berbagai hal baru. Beberapa suggestions berikut ini mungkin bisa Bunda coba terapkan untuk menangani Si Kecil yang sedang sulit makan. Merdeka.com – Banyak dari orangtua yang tentu merasa cemas dan frustasi jika menghadapi anak yang susah makan.

Gamil