Daftar Perolehan Medali Indonesia Di Olimpiade 1988 Hingga 2016

Hingga hari ke-10 penyelenggaraan Olimpiade, kontingen Indonesia menduduki peringkat ke-35 dengan meraih 1 medali emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Perolehan satu medali perak itu di Olimpiade Seoul itu menggores sejarah dalam lembaran olahraga Indonesia, yakni untuk pertama kalinya dalam 36 tahun, Indonesia mendapatkan medali Olimpiade. Perolehan satu-satunya medali perak itu sekaligus menempatkan Indonesia di peringkat 36 dari 159 negara peserta. Pertama kali berpartisipasi pada 1952, Indonesia tercatat sebagai salah satu tim terkecil dengan mengirimkan tiga atlet putra di cabang angkat besi, renang, dan atletik.

Waktu itu regular ya, jadi sangat ramai, saat kita di tempat makan, di pertandingan dan pembukaan ramai sekali. “Sebelum major, saya yakin pasangan Greysia Polii-Apriyani Rahayu akan menang telak. Saya tidak merasa deg-degan ketika pasangan ini turun ke lapangan,” kata Amiruddin. Owi/Liliyana mengalahkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying untuk menjadi yang terbaik di laga lima tahun lalu. Greysia/Apriyani memulai game kedua dengan baik memimpin 3-1 usai smes Apriyani menembus pertahanan ganda China. Namun mereka dapat disusul oleh Greysia/Apriyani dan kedudukan imbang 1-1. Setelah itu, Wakil Garuda berbalik unggul dan meraih poin-poin berikutnya, dengan kondisi Chen/Jia yang terus menempel ketat.

Indonesia memenangkan medali emas dalam cabang olahraga bulu tangkis

Dominasi emas dari badminton terus berlanjut pada Sydney 2000 lewat aksi ganda putra Tony Gunawan/Candra Wijaya, lalu Athena 2004 melalui tunggal putra Taufik Hidayat. Ia juga meraih medali perunggu di Olimpiade 1996 yang digelar di Atlanta, dan mendapatkan juara untuk Thomas Cup 1996 dan 2000. Berikut ini daftar atlet Bola Online bulu tangkis yang mengharumkan nama Indonesia. Saya rasa atlet yang menang itu pastinya yang punya persiapan terbaik dan bisa menerapkan strategi dengan kesiapan yang baik. Saya percaya adik-adik dapat mengemban tugas sebaik mungkin, harapannya tradisi medali emas Olimpiade yang terus diberikan bisa terus berlanjut.

Pasangan ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, menjadi wakil Tanah Air ke-8 yang mampu memberikan medali emas olimpiade untuk Indonesia. Taufik merupakan atlet peraih medali emas pada Olimpiade Athena 2004. Ketika itu, pria yang turun di nomor ganda putra ini berhasil melibas pebulutangkis Korea Selatan, Shon Sheung-Mo.

Strategi penyusunan peta jalan peningkatan prestasi olahraga telah dibuat oleh Kemenpora bersama Bappenas pada akhir 2019. Sejumlah cabang olahraga harus mendapat prioritas dalam pembagian anggaran pelatnas. Tantangan diberikan bagi cabang olahraga lain yang belum menjadi prioritas tentunya harus membuktikan diri meraih prestasi tingkat dunia untuk mengejar cabang olahraga lain.

Taufik Hidayat menjadi atlet bulu tangkis legendaris yang namanya tentu dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sebelumnya Indonesia berada di urutan ketiga daftar ini kalah dari Korea Selatan yang kini harus rela ganti menduduku posisi kontingen Merah Putih dengan perbendaharaan 6 medali emas, 7 perak dan 6 perunggu. Tim bulu tangkis Indonesia berhasil memenangkan semua pertandingan pembuka di setiap sektor nya.

Kisah suksesperjuangan Susi Susantimenjadi srikandi bulu tangkis Indonesia yang berhasil mengharumkan nama bangsa ini sebentar kali dapat kita saksikan di bioskop dalam film Susi Susanti Love All. Di ultimate Asian games 1978 untuk nomor tunggal putra bulu tangkis Indonesia, Leim Swie King berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan atlet asal Tiongkok, Han Jian. Alan Budikusuma melengkapi kegemilangan Indonesia dengan meraih medali emas di partai ultimate bulu tangkis nomor tunggal putra dengan menumbangkan rekannya sendiri, Ardy B Wiranata.

Mahasiswa jurusan Psikologi, semester dua ini menambahkan, hal yang dipersiapkan untuk mengikuti perlombaan, yaitu latihan bulu tangkis dan fisik. Atlet harus punya kesadaran sendiri buat mempersiapkan fisik, teknik, dan keuangan, karena kampus tidak menyediakan sarana serta prasarana. “Waktu yang dibutuhkan untuk persiapan mengikuti Pionir itu sekitar dua bulan, latihan seminggu dua kali bersama dengan anak-anak yang ikut Pionir juga total ada enam orang,” ujarnya. Meskipun demikian, memang ada momen pasang surut dalam dunia olahraga.

Main game pertama jujur agak sedikit tegang karena saya satu-satunya wakil Indonesia di ultimate. Saya berusaha sekali untuk menang, Puji Tuhan saya bisa keluar dari rasa tegang. Beban yang ada dijadikan motivasi, bahwa saya bisa nih menyumbang medali untuk Indonesia,” ujar Jonatan. Tan Joe Hok atau yang dipanggil Hendra Kertanegara ini, adalah orang pertama yang berhasil menjuarai All England untuk Indonesia, yaitu pada tahun 1959. Bersama dengan ke-6 atlet berprestasi lainnya, mereka disebut sebagai “tujuh pendekar bulutangkis” setelah berhasil merampas Piala Thomas dari juara bertahan, Malaysia. Hari ini tepat hari pertama dihelatnya kejuaraan tertua di dunia, All England 2021.

Sejak dipertandingkan mulai Barcelona Negeri Tirai Bambu telah mengumpulkan 18 medali emas, 8 perak dan 15 perunggu. Pada space internasional, Indonesia sangat miskin pengalaman walaupun merupakan tim Asia pertama yang lolos ke Piala Dunia pada tahun 1938 (sebagai Hindia-Belanda). Pada tahun 1956, Indonesia berlaku pemain pada area Olimpiade dan memperagakan pertandingan yang sulit dengan timnas Uni Soviet yang dipimpin oleh kiper Lev Yashin. Sebagai tuan rumah, Indonesia memenangkan medali emas untuk sepak bola pada Asian Games 1962. Dengan menahan imbang Kuwait pada pertandingan pertama, namun gagal ketika mereka dikalahkan oleh dua tim kuat yaitu Korea Selatan dan Uni Emirat Arab, membuat timnas Indonesia pulang semakin awal. Setelah terjadi tragedi berdarah pada event sebelumnya, Olimpiade 1976 di Montreal, Kanada, digelar dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Gamil