Jadwal 16 Besar Olimpiade Tokyo 2020

Tidak mudah bagi ke-13 atlet yang lolos untuk mengantongi tiket ke Kudus. Mereka yang lolos terdiri dari empat pemain U-13 putra, dua pemain U-13 putri, empat pemain U-15 putra, dua pemain U-15 putri, serta satu pemain mendapatkan golden ticket. YUZU Indonesia Masters yang memperebutkan hadiah complete sebesar USD75 ribu merupakan bagian dari rangkaian turnamen BWF World Tour Super one hundred. Ajang yang masuk dalam grade 2 stage 6 dalam tur dunia BWF ini termasuk tiga besar turnamen elit yang diselenggarakan di Tanah Air setelah Daihatsu Indonesia Masters dan Blibli Indonesia Open di tahun ini. Hal tersebut pernah dilakukannya pada period kejayaannya untuk menangkis serangan lawan.

Seskab merasa bangga sebab atlet yang dikirim mayoritas merupakan pebulu tangkis lokal binaan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia Kutim. Kondisi tersebut menjadi gambaran bahwa pembinaan yang dilakukan PBSI Kutim berjalan cukup baik. Tentunya cepat atau lambat akan membuahkan prestasi yang baik bagi daerah. “Dulu saya akui kelasnya Lin Dan dan Lee Chong Wei itu di atas rata-rata tunggal lainnya. Setelah era mereka lewat, pemain tunggal putra sekarang semua selevel. Tidak ada yang satu degree di atas yang lainnya,” kata Icuk mengakhiri.

Anthony Ginting menang dalam dua set sekaligus dengan perolehan nilai dan 21-15. Dalam kurun waktu tersebut, pria asal Denmark ini berhasil mempertahankan posisi di tiga besar peringkat dunia. Anthony Ginting dapat melangkah mulus ke babak perempat last usai menjadi juara Gorup J dengan menyapu bersih 3 kemenangan sekaligus.

Ia juga meraih medali perunggu di Olimpiade 1996 yang digelar di Atlanta, dan mendapatkan juara untuk Thomas Cup 1996 dan 2000. Rudy Hartono tidak hanya dikenal sebagai salah satu pebulutangkis terbaik di dunia, tetapi juga salah satu olahragawan legendaris dunia. Dunia bulutangkis memang tidak dapat dilepaskan dari nama pebulutangkis tunggal putra andalan Tanah Air ini.

Dua kebanggaan Pebulu Tangkis Indonesia

Tahun 2008 ia menginjakkan kaki di ibu kota, bergabung dengan salah satu klub besar di Jakarta. Kala itu ia mengakui merasa kikuk dan canggung, apalagi jadi si “anak baru”. Mungkin kepindahannya ke sektor ganda bisa dibilang sebagai sesuatu yang mungkin tidak akan kita duga. Ririn ternyata sempat minder untuk bermain bulutangkis di nomor tunggal, tetapi hal tersebut seperti sudah digariskan. Keinginannya untuk pindah ke sektor ganda dikuatkan oleh pelatihnya kala itu.

Ia juga berhasil membukukan empat medali emas di Badminton World Championship, lima medali emas di gelaran Uber Cup, tiga medali emas di ajang Sudirman Cup, dan satu medali emas di ajang Yiyang Badminton World Cup 2006. Di tahun 2010, ia lebih mencolok diantara rekan-rekannya di sektor ganda taruna putri dengan PRAGMATIC PLAY berhasil memecahkan kebuntuan PB Djarum di sektor ini. Bersama dengan Melati Daeva Oktaviani, ia langsung menjadi juara di turnamen pertama mereka dipasangkan, tepatnya bulan Mei di Djarum Sirkuit Nasional Jakarta 2010. Setelah sebelumnya ia telah mengoleksi dua gelar juara di nomor ganda campuran taruna.

Namun ia bukanlah seorang gadis yang kalah oleh apa yang diungkapkan orang. Sentilan yang begitu sinis, diubahnya menjadi motivasi untuknya dalam berlatih. Dengan ketidaksetujuan hampir seluruh anggota keluarganya kecuali sang ayah, Ririn membulatkan tekad untuk menjadi seorang pebulutangkis dan akhirnya ia pun hijrah ke Jakarta dengan diantar kedua orang tuanya. Hari mengatakan, uji coba itu dilakukan pihaknya untuk mengetahui kekurangan dari salah satu proyek kebanggaan Gubernur Anies Baswedan tersebut, agar bisa disempurnakan ketika sudah dioperasikan secara permanen nanti. Kemampuannya yang mengagumkan itu mampu membuat lawannya merasa kesulitan memikirkan strategi terbaik di lapangan. Pebulutangkis yang bernama lengkap Lucia Francisca Susi Susanti ini merupakan Ratu Bulutangkis Modern Indonesia.

Selain itu memang tidak ada program pelatihan dari pemerintah yang memberikan ruang bagi setiap siswa untuk memilih jalur olahraga untuk berprestasi lebih baik. Orientasi sebagian masyarakat Indonesia memang belum melihat olahraga sebagai karir yang membanggakan dan menjanjikan. Pendidikan dan olahraga bukan paduan yang pas, seperti dua kutup magnet yang sama yang mencoba untuk bergabung; tentu tak akan pernah terwujud. Setelah menikah dengan Alan Budikusuma tahun 1997, Susi tak lantas meninggalkan dunia bulutangkis. Ia juga mendirikan gedung bulutangkis bernama Olympic Badminton Hall di bilangan Jakarta.

Hingga saat ini, ia sudah pensiun dari lapangan bulu tangkis, namun, kemampuan dan prestasinya tetap selalu diingat dengan baik. Dalam selebarannya itu, Spratt memaparkan rumusannya tentang tata cara bermain bulu tangkis beserta segenap aturannya. Regulasi baru ini berbeda dengan aturan lama yang diterapkan dalam permainan poona maupun battledore. Anthony Ginting berhasil tundukkan lawan dari Jepang di sixteen besar Olimpiade Tokyo dan melaju ke perempat final. Berbeda dengan Anthony, Jonatan Christie harus akui kehebatan lawannya dan kalah dua gim langsung dari pemain China, Shi Yuqi, dengan skor 11-21, 9-21. Popularitas bulutangkis semakin meningkat usai Federasi Bulutangkis Dunia kerap menyelenggarakan kompetisi-kompetisi internasional di berbagai negara.

“Kami ingin terus menjaga pikiran seperti awal datang ke Tokyo, yaitu menikmati gim agar bisa menunjang performa di lapangan. Persiapan yang harus kami lakukan adalah menjaga ketenangan agar dapat mengontrol permainan serta mempersiapkan diri untuk recovery,” kata Greysia. Keputusan menarik tim Indonesia dari All England memunculkan kecurigaan karena timnas mendapat perlakuan diskriminatif dari panitia pelaksana.

Gamil