Jadwal Indonesia Di Cabor Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Pertandingan bulu tangkis mulai pada 24 Juli hingga 2 Agutus 2021 mendatang. Cabor ini punya beban untuk mempertahankan medali emas Olimpiade yang sudah menjadi tradisi sejak pertama kali bulu tangkis dipertandingkan pada 1992 lalu di Barcelona. Dari kelima medali emas yang dapat diperebutkan dari cabor ini, Indonesia mengirim 7 wakil dan terdiri dari 11 Kakek Merah atlet. Namun di turnamen putri, Jepang mengklaim medali perak sepak bola Olimpiade pertama di Asia setelah kalah di last turnamen 2012 di London dari Amerika Serikat. Jerman merupakan juara bertahan putri, namun gagal lolos setelah kalah dari Swedia di perempat final Piala Dunia Wanita FIFA 2019.

Indonesia memenangkan juara apa saja dalam Olimpiade di Tokyo

Sepanjang laga berlangsung, ia hanya memikirkan untuk mendapatkan poin demi poin. Fimela.com, Jakarta Gregoria Mariska Tunjung merupakan pebulu tangkis tunggal putri harapan Indonesia yang bertanding di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Dikutip dari CBC, olimpiade yang digelar dalam a hundred tahun terakhir, tak pernah benar-benar memberikan medali emas yang mengandung emas murni. Eko Yuli mendapat perak di kelas 61 kg putri, sedangkan Windy Cantika mengantongi medali perunggu di kelas 49 kg putri. Lolosnya tim putri Indonesia ini berasal dari perolehan mereka meraih peringkat empat di kejuaraan kualifikasi di Tokyo yang berlangsung 7 Mei lalu.

Filipina belum mampu menambah pundi-pundi medali di kancah Olimpiade Tokyo 2020 ini. Negara ini masih memperoleh 1 medali emas yang didapatkan Hidilyn Diaz dari cabor angkat besi putri. Indonesia sebelumnya meraih medali-medali yang disumbangkan dari cabang olahraga angkat besi yakni dari Eko Yuli , Erwin Rahmat dan Windy Cantika di Olimpiade Tokyo 2020. Ini merupakan emas pertama Indonesia di kancah Olimpiade Tokyo 2020.

Rio Wanda telah memastikan akan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 yang menjadi wakil Indonesia untuk cabor selancar . Atlet berusia 21 tahun atal Bali tersebut meraihnya berdasarkan realokasi kuota setelah hasil pertandingan ISA World Surfing Games 2021 di El Salvador. Peraih gelar juara dunia junior 2017, Gregoria Mariska Tunjung menjadi satu-satunya wakil tungal putri Indonesia yang lolos ke Olimpiade Tokyo 2020.

OLIMPIADE tahun 2020 yang diadakan di Tokyo, Jepang, akan menggemparkan dunia sepak bola musim panas ini. Pasalnya beberapa tim internasional terbesar memperebutkan medali emas dalam pertandingan yang dilakukan beberapa minggu mendatang. Terpisah, Chef de Mission Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo Rosan P Roeslani mengapresiasi perjuangan Greysia/Apriyani yang sukses merebut medali emas. Medali emas ini tak cuma menjadi medali pertama di Olimpiade Tokyo, tetapi juga menjadi pencapaian sejarah ganda putri Indonesia. Keduanya menang atas wakil China, Chen Qingchen/Jia Yifan, di partai last, Senin (2/8) siang WIB.

Nurul Akmal menempati peringkat kelima dalam kontes angkat besi kelas +87kg putri di Olimpiade Tokyo 2020. Empat tahun setelah itu di London, bulu tangkis absen memberikan emas, sebelum ganda campuran Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad mempersembahkan emas dalam Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Begitu pula dengan Thailand yang juga baru meraih 1 emas dari cabor Taekwondo melalui Panipak Wongpattanakit. Dengan ini complete medali Indonesia menjadi empat dengan rincian 1 emas, 1 perak, dan 2 perunggu. Greysia Polii/Apriyani Rahayu menyumbang medali emas pertama untuk Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Ganda yang berjuluk Minions tersebut sebenarnya digadang-gadang menyumbang medali emas karena menempati unggulan pertama.

Meski demikian, China masih menjadi pemuncak klasemen setelah meraih tiga emas tambahan dari tolak peluru putri, bulu tangkis tunggal putri, dan loncat indah papan 3m putri. Setelah sekian lama menunggu sektor ganda putri Indonesia tidak mampu berbuat banyak dalam merebut juara di ajang Olimpiade. Terakhir di Olimpiade Rio de Janeiro Brasil, pasangan ganda putri Greysia Polii dan Nitya Krishinda Maheswari kandas di perempat final.

Gamil