Para

Sementara pada London 2012 badminton gagal menyumbang medali, dan sekaligus menandai tak ada satu pun emas yang berhasil dibawa pulang oleh kontingen Indonesia dari Olimpiade di Inggris tersebut. Dalam Asian Games 2018 pun, Indonesia sebagai tuan rumah turut memberikan target tinggi bagi para atletnya. Presiden Joko Widodo pun menegaskan bahwa besar harapan Indonesia untuk membawa pulang setidaknya 26 medali Emas. Oleh karena itu, sebagai salah satu cabang terfavorit, Persatuan Bulutangkis Indonesia berkomitmen untuk menurunkan atlet-atlet terbaiknya. Bahkan sering terdengar istilah “Ganyang Malaysia” dalam perjalanannya. Tentunya ini menjadi kado manis untuk Kemerdekaan Indonesia mengingat bahwa raihan gelar tersebut bertepatan dengan momentum kemerdekaan.

Kini, Indonesia dan Filipina adalah salah satu kekuatan basket di Asia Tenggara. Sukses mulia tim nasional basket Indonesia adalah ketIka meraih emas pada Kejuaraan Basket Asia Tenggara tahun 1996. Basket merupakan noda satu olahraga yang populer di kalangan anak muda Indonesia. Kompetisi ini dimulai sebagai Indonesian Basketball League pada 2003.

Saat itu, Indonesia mengirimkan tiga atlet terbaiknya, yakni Soedarmojo di cabang atletik, Habib Soeharko di cabang renang, dan Thio Ging Wie untuk angkat besi. Peraih Medali Emas Pionir 2019 cabang olahraga Bulu Tangkis Tunggal Putri, Febtria Adisthya Rato Putri mengatakan, dirinya dapat terpilih menjadi perwakilan UIN Jakarta dengan mengikuti Pionir di Malang. Berawal dari mengikuti Lembaga Semi Otonom Bulu Tangkis di Fakultas pada semester satu, kemudian kerap mengikuti pertandingan, baik di UIN Jakarta ataupun sekitarnya. Bulutangkis juga menyumbang empat medali perunggu dari tim beregu putri, Ihsan Maulana Mustofa , Gregoria Mariska dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto .

Bagaimana momen spesialGreysia Polii/Apriyani Rahayusaat mempersembahkan medali emas untukIndonesia di cabang olahraga bulutangkis ganda putri diOlimpiade Tokyo 2020? Viktor Axelsen sukses menumbangkan Chen Long untuk meraih medali emas tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020. Bukan hanya itu, prestasi Greysia Polii dan Apriyani Rahayu ini sekaligus mencetak sejarah peraih medali emas pertama untuk Indonesia di nomor ganda putri di olimpiade. Raema Lisa Rumbewas adalah pensiunan atlet angkat besi Indonesia yang merupakan atlet pertama di Indonesia dan, pada 2016, satu-satunya atlet yang pernah memenangkan medali di tiga Olimpiade.

Indonesia memenangkan medali emas dalam cabang olahraga bulu tangkis

Prestasi apik itu didapatkannya setelah mengalahkan rivalnya yakni pebulu tangkis asal Korea Selatan Bang Soo-hyun setelah melalui pertarungan sengit selama tiga recreation 5-11, 11-5 dan 11-3. “Hari Sabtu kemarin saya sempat berbincang dengan Greysia lewat video name. Saya sampaikan ucapan terima kasih atas pencapaiannya sudah sampai di babak last Slot Gacor. Saya sampaikan sebagai Menpora tidak membebani target apapun setelah ini, yang penting main lepas dan saya ajak dia bnyak bercanda untuk membuat dia rileks,” ungkapnya. Ia kini telah pensiun dan mendirikan sebuah komplek enviornment olahraga bernama Taufik Hidayat Arena.

Gamil