Partisipasi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Selama Pembelajaran Daring

Meskipun daring, pembelajaran anak usia dini harus mengedepankan enam aspek perkembangan anak usia dini yakni Nilai agama dan moral, Fisik-Motorik, Kognitif, Bahasa, Sosial-Emosional, dan Seni. Selain keterbatasan perangkat belajar, PJJ juga menyisakan banyak persoalan lain seperti kesulitan untuk membeli kuota internet. Banyak orang tua akhirnya pasrah anak-anak mereka tidak bisa mengikuti sekolah online lantaran tak lagi mampu membeli paket internet. Belum adanya pedoman dalam pembelajaran daring secara baku dari pemerintah juga membuat guru berinovasi sendiri-sendiri. Pada banyak kasus, guru cenderung memberikan beragam tugas untuk memudahkan sekaligus menggugurkan kewajiban mengajar tanpa tatap muka.

Selanjutnya orang tua juga harus serba tahu dan terampil dalam menguasai materi pelajaran dan materi yang dihadapi anak. Semua orang tua memainkan peran penting dan berpengaruh dalam pendidikan anak-anak mereka. Psikolog pendidikan dan konselor sekolah, Arlita, memberikan beberapa tip yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak-anak mengatasi rasa bosan belajar di rumah. Pertama, orangtua harus berkomunikasi dengan anak terkait sistem pembelajaran.

Metode pembelajaran ini dilakukan secara tatap muka dengan memanfaatkan aplikasi Google Meet, Zoom, Webex, Teams, dan lain-lain. Selain itu, aktivitas pendidikan melalui metode ini bisa dilakukan menggunakan Learning Management System seperti Ruangguru dan Zenius. Metode pembelajaran ini membutuhkan tanggung jawab dan keterlibatan bukan hanya murid dan guru, tapi juga orangtua. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menerbitkan kebijakan pendidikan dalam masa darurat Covid-19. Untuk membangun suasana belajar seperti di sekolah, Anda bisa menyediakan ruang atau sudut khusus untuk kegiatan anak.

Cara agar anak tidak bosan sekolah online

Kalau tidak membuat produk-produk daur ulang, atau bikin binatang menggunakan daun pisang. Saat ini banyak sekali konten video pembelajaran yang dapat menarik minat si kecil dengan menyertakan ilustrasi berupa gambar animasi atau gambar bergerak. Jadi, orang tua dapat memanfaatkan video tersebut agar anak tidak bosan. Namun bagi orang tua yang terbiasa mendampingi anak belajar, hal tersebut tidak terlalu sulit dihadapi. Akan tetapi, bagi yang sibuk bekerja sehingga tidak sempat mendampingi mereka tentu akan ada pengalaman baru yang mendebarkan.

Dengan mengerjakan latihan soal, Grameds jadi lebih tahu materi apa yang belum dikuasai dan jenis soal apa yang sulit dikerjakan. Gramedia memberikan akses belajar gratis selama masa #BelajardiRumah melalui edutore.com. Grameds bisa mengerjakan latihan soal yang bisa digunakan untuk memahami materi pelajaran. Jadi cara mengatasi anak bosan belajar adalah menemukan kemungkinan penyebabnya.

Gamil