Sabet Emas Olimpiade Tokyo, Greysia Polii

Dalam laga yang berlangsung di Mushashino Forest Sport Plaza itu, Gregoria menang dua gim langsung dengan skor meyakinkan 21-11, dalam tempo 27 menit. Total angkatannya mencapai 342 kilogram, yang berasal dari gabungan hasil terbaik pada angkatan snatch dan clear & jerk .

Sebab, ia lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 setelah menempati posisi lima di Kejuaraan Dunia yang diselenggarakan di Uzbekistan pada 2019. Selanjutnya tradisi emas Indonesia di Olimpiade dilanjutkan di edisi Atlanta 1996. Kali ini, medali emas cabang bulutangkis tidak berhasil direbut tunggal putra atau tunggal putri. Keberhasilan Greysia/Polii di partai last kali ini sekaligus menjadi raihan medali emas pertama untuk wakil Indonesia di ajang Olimpiade 2020. Sebelumnya, wakil Merah Putih merah tiga emas dari cabor angkat besi dengan rincian satu perak dan dua perunggu. Badminton benar benar menjadi andalan Indonesia dalam mendulang medali emas di Olimpiade.

Indonesia memenangkan juara apa saja dalam Olimpiade di Tokyo

Sementara dari cabor angkat besi, Eko Yuli Irawan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Tercatat ia sudah mendapatkan three medali olimpiade dengan rincian 1 medali perak dan 1 medali perunggu. Lifter andalan Indonesia ini juga pernah meraih medali emas Asian Games Jakarta 2018 dan berhasil meraih gelar juara dunia di Asghabat, Turkmenistan pada 2018. Indonesia berhasil memperpanjang tradisi medali emas olimpiade cabang olahraga bulutangkis di pentas Olimpiade Tokyo 2020. Pasangan ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, menjadi wakil Tanah Air ke-8 yang mampu memberikan medali emas Olimpiade untuk Indonesia. Sebelumnya pada pukul 17.50 WIB, Nurul Akmal akan turun di final cabang olahraga angkat besi kelas +87 kg putri.

Melengkapi lima besar diiisi Rusia dengan 12 emas, 19 perak dan thirteen perunggu. Kemudian, tempat kedua diisi Amerika Serikat dengan 20 emas, 24 perak dan sixteen perunggu. Turun ke posisi tiga ada Jepang dengan 17 emas, lima perak dan Sembilan perunggu.

Seperti diketahui, Indonesia pertama kali tampil di Olimpiade pada tahun 1952 di Helsinki, Finlandia. Ketika itu, Indonesia hanya mengirimkan tiga atlet Link Kong4D untuk bertanding di Finlandia. Sempat absen pada tahun 1964 dan 1980 akibat sikap politik, Indonesia kembali tampil rutin hingga Olimpiade saat ini.

Untuk pertama kalinya, sistem asisten wasit video akan digunakan di Olimpiade Musim Panas. Tim bulu tangkis Thailand bertekad memecahkan kebuntuan mereka yang sama sekali belum pernah meraih medali dari ajang Olimpiade. Berikut cabor yang sudah menyumbangkan medali emas, perak, dan perunggu bagi Indonesia di Olimpiade sejak Seoul 1988. Medali emas pertama di cabor badminton terjadi di nomor ganda campuran. Wang Yilyu/Huang Dongping menumbangkan rekan senegara mereka, Zheng Siwei/Huang Yaqiong dengan skor 2-1 (21-17, 17-21, dan 21-19). Melihat dari sejarah, ganda putri Indoesia harus gagal pada partai perempat final sejak Olimpiade Atalanta 1992.

Kami hanya mau memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” kata Greysia. Presiden Jokowi menyebut medali emas yang diraih Greysia/Apriyani di Olimpiade Tokyo jadi kado ulang tahun kemerdekaan RI. Meski begitu, ia akan memotivasi dirinya untuk mendapatkan hasil terbaik. Terbukti ia menang melawan perwakilan Myanmar, Thet Htar Thuzar di pertandingan pertamanya. Tidak ada batasan usia pada pemain putri, sementara di putra harus diwakili pemain U-24 dan setiap tim diperbolehkan membawa tiga pemain diatas usia tersebut. Lanjut ke posisi empat ada Australia dengan 14 emas, tiga perak dan 14 perunggu.

Gamil