Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri Finis Urutan Kelima Cabor Atletik Tokyo 2020

Namun Indonesia punya ganda putra dan ganda campuran terkuat di dunia. Ini bisa jadi peluang bagi Indonesia untuk setidaknya merebut dua medali emas di cabor bulu tangkis pada Olimpiade Tokyo kali ini. Ketua panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 yang kini ditunda menyatakan acara tersebut harus dibatalkan jika pandemi virus corona belum teratasi tahun depan, sewaktu pesta olahraga itu dijadwal ulang. Lalu di Olimpiade Atalanta 1996, Indonesia yang berkekuatan forty Kakek Merah FAFAFA atlet dari eleven cabang olahraga meraih 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu.

Lebih dari 200 negara akan berpartisipasi untuk membawa pulang medali sebanyak-banyaknya. Vidya Rafika bakal menjadi satunya atlet menembak Indonesia yang berlaga di Olimpiade Tokyo. Perbakin telah memutuskan tidak lagi mengirimkan atlet untuk mengikuti kualifikasi olimpiade.

Menanggapi pernyataan IOC tersebut, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe sudah bersuara. Abe menuturkan penundaan Olimpiade saat ini menjadi salah satu pilihan jika memang Olimpiade tidak bisa dilaksanakan dalam bentuk lengkap saat berlangsung sesuai jadwal. Menpora menginstruksikan kepada para atlet Indonesia untuk mulai mengarahkan fokus ke Olimpaide Paris 2024.

Untuk besarannya, peraih emas Olimpiade 2020 akan mendapat Rp500 juta. Sementara perak dan perunggu masing-masing akan mendapat Rp250 juta dan Rp100 juta. Sebelumnya, Gilang melalui perusahaannya Juragan99 Trans juga memberikan dukungan berupa bus khusus untuk mengangkut kontingen Indonesia ke Bandara Soekarno-Hatta sebelum bertolak ke Jepang. Jumlah kontingen Indonesia menurun di Olimpiade Beijing 2008 dengan hanya meloloskan 24 atlet dari 7 cabor. Pada Olimpiade London 2012, Indonesia meloloskan 22 atlet dari 8 cabor dan hanya meraih 1 perak dan 1 perunggu.

Lalu di Olimpiade Athena 2004 yang berisi 38 atlet dari 14 cabor meraih 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu. Indonesia sebenarnya punya peluang untuk raih medali emas kalau saja tim panjat tebing lolos ke Indonesia. Tidak lolosnya panjat tebing ke Olimpiade Tokyo cukup mengejutkan kalau mengingat prestasi tim panjat tebing Indonesia di event internasional. Wakil Presiden Komite Olimpiade Internasional John Coates mengatakan rencana penyelenggaraan Olimpiade Tokyo yang sempat ditunda, akan tetap berlangsung tahun depan terlepas dari adanya pandemi virus corona. Melirik hasil tabel klasemen negara untuk edisi 2016 di Rio de Janeiro lalu, AS tampil sebagai juara umum. Kontingen AS meraih 121 medali, yakni forty six emas, 37 perak, dan 38 perunggu.

Sampai kapan Olimpic Tokyo bisa selesai

Kalau ternyata mereka positif, mereka akan dibawa ke fasilitas isolasi mandiri di luar area kompleks dan nggak bisa ikutan tanding lagi. Bukan cuma soal pandemi, tapi gelaran Olimpiade ini juga menerimapenolakandari warga Jepang sendiri, yang mayoritas meminta supaya occasion ini di-cancel. Alasannya, emang kondisi kasus Covid-19 di Jepang yang naik terus, dan kondisi negara yang lagi dalam status“state of emergency”.

Gamil